1- Program komputer pembuatan RAB bangunan Gedung

Pembuatan Rab dan s kedul bangunan Gedung melibatkan banyak komponen biaya item pekerjaan dan teknik skeduling . Umumnya masing2 biaya komponen pekerjaan  tsb terdiri dari  biaya resources ; Tenaga kerja, Material, Peralatan dan telah disusun dalam paket2 (assemblies) biaya pekerjaan standar. Di Indonesia sebagian besar paket biaya resource per item pekerjaan untuk bangunan gedung telah di standarkan oleh BSN yang umumnya dikenal dengan nama analisa biaya SNI . Saat ini kurang lebih ada 600 item pekerjaan dengan rincian resources yang diperlukan. Pada saat seorang estimator mempersiapkan Rab suatu proyek, analisa biaya merupakan satu langkah dari beberapa tahap yang diperlukan yaitu ;
- Penyiapan metode kerja
- Penyiapan Quantity pekerjaan (Quantity take off)
- Hitungan biaya pekerjaan
- Skedul pekerjaan
- Integrasi skedul, biaya, material untuk keperluan implementasi rencana Rab kedalam setiap periode waktu pelaksanaan sehingga memudahkan kontrol atas biaya, material dan skedul pekerjaan.
- Dari data yang terintegrasi tadi juga dapat diperkirakan Cash flow proyek.
Dengan menggunakan spreadsheet seperti Excel memerlukan banyak effort karena aktifitas hitungan, formula  dan data  dalam format cell dan jika semakin banyak item pekerjaan / resources maka akan ada ribuan cell yang perlu mendapat perhatian dan semakin tinggi resiko kessalahan misalnya ; salah ketik formula, penempatan formula, formula tidak ter copy pada semua cell yang seharusnya dll. sementara dalam pembuatan skedul dengan Excel sangat terbatas hanya pada bar chart dan tidak dinamis, apalagi jika tuntutan proyeknya harus dibuatkan model dalam suatu network planning. Pada tahap ini program yang sesuai adalah PMS (Project Management Software) seperti Ms Project , primavera dll. Dengan kondisi ini maka  adanya software yang bisa menggabungkan antara analisa biaya SNI , Excel dan Ms Project jadi suatu kebutuhan. Software yang mengintegrasikan kebutuhan tsb diatas adalah MsproCsi produk dari Akselerasi Software. Dengan MsproCsi maka estimator hanya ter expose pada beberapa form2 sederhana , semua detail item analisa dan resourcesnya sudah built in dan untuk menggunakan beberapa item cukup dengan memilih nomor kode dan beberapa klik mouse. Pada aplikasi yang sama skedul proyek bisa dibuat dan pelaporan yang terintegrasi bisa langsung dihasilkan.
Fitur program MsproCsi ;
- Built in data analsa biaya Sni ; item dan resource
- Assign resources atau analisa (Assembly)
- Fasilitas menambah, hapus , Edit data analisa
- Laporan2 langsung dalam format Excel ;
       - Rab proyek ; dengan perincian upah dan material
       - Daftar total kebutuhan material dan biaya
       - Daftar kebutuhan material dan biaya per periode / mingguan, bulanan, dll
       - Daftar analisa yang digunakan / aktif
       - Fasilitas export semua data analisa atau pilihan ke Excel.
       - Rencana produksi per periode / curva "S"
- Program berjalan diatas semua versi Ms Windows

Assign Analisa atau Resources langsung ke masing2 Item Pekerjaan.

Lihat detail----->  Informasi tambahan MsproCsi Versi 3.1

Untuk info lebih detail hubungi kami
         -  Akselerasi Software ; hp 082193146719 , Email ; project.sch.pro@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curva "S" dgn beberapa klik mouse

SCoR Scheduler